0274 - 624 743

Kontak

PUTRA TEKNIK AC
Jl. Ring-Road Utara No. 67, Jombor Kidul, Yogyakarta
Telp/ SMS: 085 101 429 383
Email:
putra_teknikac@ymail.com

Low Watt vs Inverter

Berikut kami uraikan sedikit pengertian tentang teknologi AC terbaru yg mulai banyak di produksi oleh perusahaan-perusahaan produsen Air Conditioner (AC),yaitu AC low watt dan Inverter.

Terdapat perbedaan mendasar antara teknologi low watt dan teknologi inverter pd AC. Untuk low watt, penghematan listrik dilakukan dengan cara mengecilkan kapasitas kompresor AC. Sehingga kecepatan mendinginkan ruangan jadi berkurang. Sampai pada batas dingin, misalnya suhu 25 derajat, maka kompresor akan mati sementara sedang kipas (fan) indoor tetap menyala. Daya starting pertama(tarikan awal) pada AC low watt memerlukan dua kali daya AC tersebut. Nah, ketika suhu naik jadi 27 derajat, AC tersebut harus menyedot listrik lagi untuk menghidupkan kompresor dengan daya dua kali lipat. "Itu artinya, ada pemakaian energi yang tidak efisien.

Sementara untuk AC dengan teknologi inverter, terutama Envio Inverter kapasitas 1 PK, daya normalnya 900 watt. Akan tetapi pada saat pertama kali menghidupkannya, hanya dibutuhkan 75 watt saja. Selanjutnya, jika suhu sudah stabil, hanya butuh daya 300 watt saja. jika suhu tiba-tiba naik, tidak perlu menyedot listrik lagi. 

Hal tersebut dapat terjadi karena dalam AC sudah terpasang semacam microprosesor/rangkaian inverter khusus yang dapat mengatur daya putaran kompresor. Jadi, ketika suhu sudah kembali stabil, kompresor tidak mati melainkan melakukan penyesuaian putaran. Sehingga, konsumsi listrik hanya perlu separuhnya saja. Kalau low watt, paling tidak hanya bisa menghemat listrik sampai 15% saja.

[ Kembali ]

Konsultasi

Tidak ada komentar

Advertisement

Akrilic AC
Sewa AC Jogja